Ranu Kumbolo, Danau di Gunung Semeru Yang Mempesona

Monday, April 13, 2015



Ranu Kumbolo adalah sebuah danau yang terletak di Gunung Semeru. Ranu Kumbolo menjadi daya tarik tersendiri bagi pendaki Gunung Semeru karena keindahannya yang luar biasa. Pendaki biasa singgah di sini untuk menikmati keindahan alamnya karena letak berada pada jalur pendakian Gunung Semeru.

Berada di ketinggian 2400 mdpl Ranu Kumbolo  menjadi danau tertinggi di pulau Jawa.Untuk melihat indahannya Ranu Kumbolo dimulai dari desa Ranu Pani yang merupakan pos awal bagi yang akan mendaki Gunung Semeru untuk melakukan dan mendapatkan perjinan pendakian. Sepanjang jalur pendakian pesona pemandangan alam yang indah dapat kita jumpai, waktu tempuh menuju Ranu Kumbolo sekitar 4 sampai 5 jam dari pos pertama Ranu Pani.

Ranu Kumbolo adalah bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang merupakan wilayah yang perlu dijaga dan dilestarikan. Melihat Sunrise sangat dinantikan di danau Ranu Kumbolo ini. Sinar matahari muncul  diantara 2 bukit dan menyinari permukaan danau dan merefleksikan pemandangan yang indah.

Bukan hanya sunrise, kita juga bias menikmati indahnya keindahan tanjakan cinta, padang rumput Oro-oro Ombo dan puncak Mahameru.

Ranu Kumbolo adalah sebuah danau gunung di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Letaknya di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru. Luasnya 15 hektare. Dengan letak Koordinat: 8°2′57″LU 112°55′15″BT
 

My Blog List

Most Reading